Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada Cihuni Jaya Hall baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Cihuni Jaya Hall. Jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 91 pelanggan dan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner atau angket. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan (X₁) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Harga (X₂) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Kualitas pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Adhari, I. Z. (2021). Kepuasan Pelanggan & Pencapaian Brand Trust. In CV. Penerbit Qiara Media. CV. Penerbit Qiara Media.
Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. In CV. Alfabeta. CV. Alfabeta.
Alvianna, S., Husnita, I., Hidayatullah, S., Lasarudin, A., & Estikowati. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Panderman Coffeee Shop di Masa Pandemi Covid-19. Majalah Bisnis & IPTEK, 14(2), 94–101. https://doi.org/10.55208/bistek.v14i2.233
Arianto, N., & Kurniawan, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 254. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i2.9647
Darmayadi, S., Heriwibowo, D., & Hermanto, K. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kinerja Pegawai dan Disiplin Kerja terhadap Kepuasan Masyarakat. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1169–1175. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1622
Dhiani, H. P., Kumara, D., & Wardani, S. (2021). Pengaruh Pelayanan Prima dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan dan Pemancingan Warung Bambu di Serpong Tangerang Selatan. Jurnal SeMaRaK. https://doi.org/https://doi.org/10.32493/smk.v4i3.13423
Fadillah. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Prodi Sarjana Manajemen Universitas Pamulang. Jurnal SeMaRaK, 4(3). https://doi.org/https://doi.org/10.32493/smk.v4i3.13424
Kotler, P., Burton, S., Deans, K., Brown, L., & Armstrong, G. (2015). Marketing. In Pearson Higher Education AU. Pearson Higher Education AU.
Purwanti, Ariyanto, A., & Ivantan, I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Orang Tua Murid Di Lembaga Pendidikan TPA Masjid Ash Shaff Bintaro. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 535–545. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.744
Puspitaningtyas, Z., & Kurniawan, A. W. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. In Yogyakarta: Pandiva Buku. Yogyakarta: Pandiva Buku.
Setiawan, P. B., & Frianto, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Perusahaan Jasa Ekspedisi Krian). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 3(1), 352–366. https://doi.org/https://doi.org/10.33752/bima.v3i3.5493
Solikha, S., & Suprapta, I. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. 10, 67–81.
Syah, A. (2021). Manajemen Pemasaran Kepuasan Pelanggan. Penerbit Widina.