Faktor-Faktor Dalam Keputusan Pembelian
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penilaian terhadap pengaruh suasana store dan harga kepada Keputusan pembelian konsumen di cabang Kopi Konnichiwa yang terletak di RS Harapan Kita, Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei terhadap 100 responden. Hasil survei tersebut dikumpulkan dan dianalisis menggunakan SmartPLS versi 4.1 dan berdasarkan pengolahan data terdapat bahwa lokasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaliknya, suasana toko yang nyaman dan harga yang terjangkau memiliki pengaruh positif dan signifikan. Melalui pengujian pada validitas dan uji reliabilitas menjelaskan bahwa seluruh variable melalui penelitian ini dinyatakan akurat dan reliabel. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar Kopi Konnichiwa lebih memfokuskan perhatian pada peningkatan kenyamanan suasana toko serta strategi penetapan harga yang kompetitif. Selain itu, peningkatan visibilitas lokasi juga penting untuk menarik lebih banyak pelanggan. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai perilaku konsumen, terutama dalam industri kedai kopi yang semakin kompetitif.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Arianda, A. A., Rafidah, & Orinaldi, M. (2023). Analisis dampak harga, lokasi, dan atmosfer toko pada keputusan pelanggan di Koffiekopi Jambi. Jurma: Jurnal Riset Manajemen, 2(3). https://doi.org/10.54066/jurma.v2i3.2216
Budiono, A., & Siregar, O. M. (2023). Efek suasana toko, layanan, dan pemasaran digital terhadap keputusan pembelian di Kafe Minum Kopi Medan Johor. Mufakat: Jurnal Manajemen, 2(4). https://doi.org/10.572349/mufakat.v2i4.884
Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzudin, A. (2022). Keterkaitan antara lokasi dan layanan terhadap keputusan pembelian di sektor ritel. Publik, 9(1). https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.256
Fadillah, H. (2023). Studi pengaruh layanan, produk, promosi, dan harga terhadap keputusan konsumen di Dealer Yamaha Suryanata Amuntai. IJAN: Indonesian Journal of Applied Research, 5(2). https://doi.org/10.36658/ijan.5.2.104
Faradilla, J. (2024). Analisis harga dan promosi terhadap keputusan konsumen di Indomaret Grand Wisata. Repositori STIE GICI. https://repository.stiegici.ac.id/document/2234/
Hidayat, M. S. (2021). Analisis pengaruh kualitas produk, harga, lokasi, promosi dan layanan terhadap keputusan konsumen di kedai kopi wilayah Gresik. Jurnal Penelitian, 6(4). https://doi.org/10.37715/jp.v6i4.2558
Khasannudin, M. D. R., & Mahendra, P. T. . (2025). Analisis Pengaruh Fasilitas dan Harga Terhadap Minat Beli. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(4), 251–264. https://doi.org/10.62421/jibema.v2i4.124
Majid, A. A., & Wulansari, N. (2024). Pengaruh suasana toko terhadap keputusan pelanggan di Kemakola Café, Padang Pariaman. Fillgap: Jurnal Ilmu Manajemen dan Pemasaran, 2(1). https://fillgap.id/index.php/fillgap/article/view/63
Oktavianingsih, N., & Rusham. (2022). Studi pengaruh promosi, lokasi dan Word of Mouth terhadap keputusan pelanggan di Kedai Blok B Kopi. Manifest: Jurnal Ilmiah Manajemen, 19(1). https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/manifest/article/view/7253/2750
Purborini, V. S., & Suryanatha, I. B. . (2024). Analisis Strategi Digital Marketing Shopee Video Dalam Perspektif Hukum Bisnis. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(2), 153–162. https://doi.org/10.62421/jibema.v2i2.92