Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu Pengiriman Barang Terhadap Kepuasan Pelanggan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menganalisis dampak kualitas pelayanan dan ketepatan waktu pengiriman terhadap kepuasan pelanggan di PT. Ponti Jaya Ekpress. Metode kuantitatif digunakan dengan sampel 100 konsumen dipilih secara acak menggunakan rumus lemeshow. Data dikumpulkan melalui kuesioner google form. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Ketepatan waktu pengiriman juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji F menunjukkan kualitas pelayanan dan ketepatan waktu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Koefisien Determinasi (Adjusted R Square) menunjukkan 84% kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan (X1) dan ketepatan waktu (X2). Sisanya, 16%, dipengaruhi faktor-faktor lain.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Amin, M. A. N. (2023). Analisis Perbandingan Abnormal return dan Trading volume activity Sebelum dan Sesudah Pengumuman Pembelian Kembali Saham (Buyback Stock). JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2), 87-103.
Amin, M. A. N., & Khilmi, T. A. (2023). Pengaruh Likuiditas, Leverage, dan Growth Terhadap Kinerja. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(1), 1-17.
Aminah, S. (2017). Prinsip Kerja Sama dan Kesantunan Bahasa dalam Wacana Chatting antara Mahasiswa dan Dosen Jurusan Bahasa Indonesia melalui Smarthphone (Kajian Sosiopragmatik). Jurnal Nosi, 5(2), 135–152.
Aprilla, I. W., & Amalia, S. (2019). Peran Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Online. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 5(1), 1. https://doi.org/10.35697/jrbi.v5i1.1611
Arindita, T. A., & Yunita, E. A. (2023). Pengaruh Laba Rugi, Prediksi Kebangkrutan, dan Jenis Industri, Terhadap Audit Delay. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(1), 54-65.
Auliana, D., & Muttaqin, I. (2023). Pengaruh Religiusitas, Pemahaman Perpajakan, Tarif Pajak, Diskriminasi, dan Keadilan Pajak Terhadap Penggelapan Pajak. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(1), 18-42.
Dharma, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Padang Tour Wisata Pulau Padang. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi, 6(2), 349–359.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hafizha, S., Abdurrahman, & Sri Nuryani, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Tarif Pengiriman, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1). https://doi.org/10.37673/jmb.v2i1.266
Halimah, S. H. (2023). Pengaruh Standar Operating Procedure dan Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Karyawan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2), 127-139.
Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 61–72. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1098
Hariyanto, D., & Ferdian, R. (2023). Analisis Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas Terhadap Harga Saham. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2), 163-175.
Imansyah, I., & Irawan, H. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Kerta Gaya Pusaka Cabang Kandangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 3(3), 325–334. https://doi.org/10.35972/jieb.v3i3.133
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Irawan, A. (2017). Analisis pengaruh daya tarik wisata, persepsi harga, dan kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Jurnal Penelitian Manajemen, 1(2).
Jacklin, M. P. R., Mandey, S., & Tampenawas, J. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Matahari Departmen Store Mega Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 431–440.
Khairani, R., Siregar, C. A., Hutabalian, R. H., & Karolina, I. I. (2019). Peran kualitas pelayanan dan pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan Pada Pt. Matahari Putera Prima (Hypermart). Jurnal Manajemen, 5(2), 129–136.
Kirani, A. (2023). Pengaruh Pengalaman Kerja, Latar Belakang Pendidikan, Komitmen Organisasi, dan Penilaian Kerja Terhadap Kinerja. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(1), 43-53.
Kuswati, E. W. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi, Moralitas Individu, Pengendalian Internal dan Whistleblowing System Terhadap Pencegahan Kecurangan Akuntansi. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(1), 66-76.
Lisnasari, N., Rudi, A., & Pratiwi, D. (2016). Analisis pengaruh faktor ketepatan waktu dan tarif pengiriman barang atau jasa terhadap kepuasan pelanggan (Studi Kasus Pada PT Kerta Gaya Pusaka). Jurnal Ilmiah Progresif Manajemen Bisnis (Jipmb), 33–41.
Luffi, M. I., & Widyawati, N. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, ketepatan waktu dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan jasa keagenan pengurusan surat persetujuan berlayar (spb) di pt. Bahtera setia gresik. http://repositori.stiamak.ac.id/id/eprint/329/19/Jurnal_muhammad%20iqbal%20luffi_20131060.pdf
Miftahuddin. (2018). Akuntabilitas dan Transparansi Pemerintah Desa Terhadap Pengelolaan Dana Desa. In Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.
Mumtaz, F. (2017). Kupas tuntas metode penelitian. Pustaka Diantara.
Nasution, S. W., & Nofirda, F. A. (2023). pengaruh ketepatan waktu pengiriman dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan j&t express pekanbaru(studi kasus pada j&t express payung sekaki). jurnal ilmiah mahasiswa merdeka emba, 2(1), 337–346.
Norrahman, R. A. (2023). Peran Fintech Dalam Transformasi Sektor Keuangan Syariah. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2), 101-126.
Prasetyo, Y. M. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Kaizen, dan Kesejahteraan Terhadap Kepuasan Kerja. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(1), 77-86.
Rasyid, H. al. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Go-Jek. Jurnal Ecodemica, 1(2), 210–223.
Rizal, A. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran Di Era Masyarakat Industri 4.0. . CV. Budi Utama.
Sakti, B. J., & Mahfudz, M. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Ketepatan Waktu Pengiriman dan Fasilitas Terhhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada J&T Express Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 7(4), 137–144.
Sales, M., & Syaifullah. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Lautan Abadi Pratama. Journal Of Management, Accounting, Economic and Business, 01(02), 288–300.
Saputra, S., & Mulyantini, I. C. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, (Produk Paket Pos Ekspress) Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Kantor Pos Bandung 40000. 9(1). https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/promark/article/download/727/543/1116
Septiani, M., & Wulandari, E. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, dan Investment Oppurtunity Set Terhadap Struktur Modal. JIAR: Journal of International Accounting Research, 1(2), 48–56.
Sope, A. S. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2), 87-100.
Studi, P. (2019). Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Emkl Pt . Aman World Logistics.
Subhan, A., Joesah, N., & Kusuma, A. B. (2023). Pengaruh Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2), 152-162.
Sudaryana, Y. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada kantor pos Indonesia (persero) Kota Tangerang. Jurnal Management Review, 4(1).
Sudaryono. (2018). Metode Penelitian. PT Raja Grafindo Persada.
Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Rajawali Pers.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. CV. Alfabeta.
Syaifullah, A. (2018). Pengaruh Financial Leverage dan Operating Leverage terhadap Stock Return Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI. Jurnal Ekonomi Keuangan Dan Manajemen, 14(2).
Wildah, N., & Ernawati, S. (2022). Perbandingan Kualitas Layanan Jasa Pengiriman Barang Pada Ekspedisi Anugerah Trans Dan Duta Ekspress. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri, 2(2), 299–306.
Zikri, A., & Harahap, M. I. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia (Persero) Regional I Sumatera. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 923–926.