Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Konsumen Terhadap Kepuasan Layanan
Main Article Content
Abstract
Kepuasan layanan merupakan salah satu hal utama yang perlu diwujudkan oleh perusahaan atau instansi. Kepuasan layanan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kualitas pelayanan dan nilai konsumen. Puskesmas Marga Jaya Bekasi Selatan perlu mencapai kepuasan layanan untuk bisa menarik masyarakat agar bersedia menggunakan jasa pelayanan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan secara simutan dan parsial anatara Kualitas Pelayanan dan Nilai Konsumen terhadap Kepuasan Layanan puskesmas Marga Jaya Bekasi Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat umum yang menggunakan jasa puskesmas Marga Jaya Bekasi Selatan. Penentuan sampel menggunakan metode random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 260 responden. Metode pengambilan data penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden. Sedangkan untuk analisis data menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan dan nilai konsumen secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan layanan. Pada uji koefisien determinasi dihasilkan nilai R square sebesar 0,760 yang artinya pengaruh variabel kualitas layanan dan nilai konsumen terhadap kepuasan layanan adalah sebesar 76% sedangkan sisanya yaitu 34% dipengaruhi oleh variabel lain.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Achmad, E. R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Vespabox Kota Malang). Skripsi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang,7(1),283.Retrievedfrom http://www.nostarch.com/javascriptforkids%0Ahttp://www.investopedia.com/terms/i/in_specie.asp%0Ahttp://dspace.ucuenca.edu.ec/bitstream/123456789/35612/1/Trabajode Titulacion.pdf%0Ahttps://educacion.gob.ec/wp-content/uploads/downloads/2019/01/GUIA-METODOL
Akbar, A. L. D. N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online. Jurnal Ekonomi, 24(2), 213. https://doi.org/10.24912/je.v24i2.574
Amin, M. A. N. (2023). Analisis Perbandingan Abnormal return dan Trading volume activity Sebelum dan Sesudah Pengumuman Pembelian Kembali Saham (Buyback Stock). JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2), 87-103.
Amin, M. A. N., & Khilmi, T. A. (2023). Pengaruh Likuiditas, Leverage, dan Growth Terhadap Kinerja. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(1), 1-17.
Arindita, T. A., & Yunita, E. A. (2023). Pengaruh Laba Rugi, Prediksi Kebangkrutan, dan Jenis Industri, Terhadap Audit Delay. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(1), 54-65.
Auliana, D., & Muttaqin, I. (2023). Pengaruh Religiusitas, Pemahaman Perpajakan, Tarif Pajak, Diskriminasi, dan Keadilan Pajak Terhadap Penggelapan Pajak. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(1), 18-42.
Chirstiani, M. ., Lestiawaty, R. ., & Berliana, N. (2020). 10565-Article Text-27051-1-10-20200923. Jurnal Kesmas Jambi (JKMJ), 4(2), 6–16.
Fadilla Prasevie, S., & Razak, I. (2018). Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana Silviana Fadilla Prasevie dan Ismail Razak. 6(2).
Farida, S. N. (2018). Kepuasan Pelanggan Speedy Di Surabaya. Jurnal UN Jawa Timur, 1.
Ghozali,I 2021. Aplikasi Analisis Multivariate edisi 10
H. M. Sidik Priadana, M.S & Denok Sunarsi S.Pd, M.M., Cht Metode Penelitian Kuantitaitf. Tangerang Selatan : Pascal Books
Halimah, S. H. (2023). Pengaruh Standar Operating Procedure dan Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Karyawan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2), 127-139.
Hariyanto, D., & Ferdian, R. (2023). Analisis Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas Terhadap Harga Saham. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2), 163-175.
Hidayat, R. (2021). Pengaruh harga, kualitas layanan, nilai pelanggan, perilaku keinginan untuk menggunakan dan persepsi kemudahan terhadap keputusan pembelian menggunakana layanan g-mart. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi UII.
Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), (18210047), 1–12.
Kirani, A. (2023). Pengaruh Pengalaman Kerja, Latar Belakang Pendidikan, Komitmen Organisasi, dan Penilaian Kerja Terhadap Kinerja. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(1), 43-53.
Kuswati, E. W. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi, Moralitas Individu, Pengendalian Internal dan Whistleblowing System Terhadap Pencegahan Kecurangan Akuntansi. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(1), 66-76.
Meithiana Indrasari 2019. Pemasaran & Kepuasan Pelanggan
Norrahman, R. A. (2023). Peran Fintech Dalam Transformasi Sektor Keuangan Syariah. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2), 101-126.
Prasetyo, Y. M. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Kaizen, dan Kesejahteraan Terhadap Kepuasan Kerja. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(1), 77-86.
Putra Utama, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Elektronik, Nilai Pelanggan, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Pengguna Layanan Traveloka). In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3).
Rahmawati, N., M. Ramdan, A., & Samsudin, A. (2019). Analisis Nilai Pelanggan dan Pengalaman Pelanggan terhadap Kepercayaan Pelanggan Wisata Kuliner Selamat Toserba Sukabumi. Journal of Management and Bussines (JOMB), 1(1), 109–119. https://doi.org/10.31539/jomb.v1i1.684
Siswadi, SE., MM, F. (2020). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Pustakawan Indonesia, 18(1), 42–53. https://doi.org/10.29244/jpi.18.1.42-53
Sope, A. S. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2), 87-100.
Subhan, A., Joesah, N., & Kusuma, A. B. (2023). Pengaruh Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2), 152-162.
Suwuh, M. K., Maramis, F. R. R., Wowor, R. E., Kesehatan, F., Universitas, M., Ratulangi, S., & Pasien, K. (2018). Hubungan Antara Kualitas Jasa Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Walantakan Kecamatan Langowan Utara. Kesmas, 7(3), 1–8.
Wibowo, E. A., Tibrani, R. A. L. P. R., & Rustandi, D. (2022). Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT DNR Corporation Batam. Jurnal BENING Prodi Manajemen Universitas Riau Kepulauan Batam, 9(1), hlm. 129-137.
Yuliana, & Purnama, I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan Dan Nilai Pelanggan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada PO. Titian Mas Cabang Bima. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 165–170. Retrieved from http://repository.stei.ac.id/6608/%0Ahttp://repository.stei.ac.id/6608/3/BAB II.pdf