Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Kepada Orang Tua Asuh Terhadap Keputusan Ber-Zis

Main Article Content

Muthmainnah
Reksa Jayengsari
Yasmi Aprilia Nitami

Abstract

Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) jumlah penduduk miskin tahun 2022 di Indonesia mencapai angka 26.36 juta jiwa (semester 2). Dengan adanya kemiskinan perlu adanya dana kebajikan dimana dalam Islam dana tersebut bersumber dari zakat, infaq, sedekah dan dana kebajikan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi terhadap keputusan ber-zis di Infaq Center Al-Bahjah Barat, pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan ber-zis di Infaq Center Al-Bahjah Barat,pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan ber-zis di Infaq Center Al-Bahjah Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini 1.676 orang tua asuh atau donator Infaq Center Al-Bahjah Barat. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan sampel 94 orang. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, berdasarkan hasil uji t (parsial) promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan ber-zis di Infaq Center Al-Bahjah Barat, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan ber- zis di Infaq Center Al-Bahjah Barat. Selain itu dapat dilihat dari uji koefisien determinasi (R2) diketahui bahwa besarnya promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan ber-zis adalah 82,1% sedangkan sisanya 17,9% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Article Details

How to Cite
Muthmainnah, Jayengsari, R., & Nitami, Y. A. (2024). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Kepada Orang Tua Asuh Terhadap Keputusan Ber-Zis. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(3), 234–255. https://doi.org/10.62421/jibema.v1i3.36
Section
Articles

References

Agung, Ferdian. A. (2018) Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Komparatif Pada Konsumen Indomaret dan Swalayan Surya Jalur 2 Korpri). 2018. PhD Thesis. UIN Raden Intan Lampung.

Amin, M. A. N. (2023). Analisis Perbandingan Abnormal return dan Trading volume activity Sebelum dan Sesudah Pengumuman Pembelian Kembali Saham (Buyback Stock). JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2), 87-103.

Amin, M. A. N., & Khilmi, T. A. (2023). Pengaruh Likuiditas, Leverage, dan Growth Terhadap Kinerja. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(1), 1-17.

Anam, M. S. (2020) Pengaruh Promosi, Produk, Lokasi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Mahasiswa Membayar Infak Di L-ZISWAF. IAIN Ponorogo. Skripsi.

Arif, N. R. A. (2010). Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung, Alpabeta.

Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, PT Rineka Cipta.

Arindita, T. A., & Yunita, E. A. (2023). Pengaruh Laba Rugi, Prediksi Kebangkrutan, dan Jenis Industri, Terhadap Audit Delay. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(1), 54-65.

Auliana, D., & Muttaqin, I. (2023). Pengaruh Religiusitas, Pemahaman Perpajakan, Tarif Pajak, Diskriminasi, dan Keadilan Pajak Terhadap Penggelapan Pajak. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(1), 18-42.

Departemen Agama RI, “Al-Qur‟an dan Terjemahannya”, Bandung: Diponegoro, 2010, Hal.517

Fadilah, Sri. (2012). Penerapan Good Fovernance Pada Lembaga Amil Zakat.

Febrianti, Y. (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Transparansi Terhadap Minat Muzakki Dalam Membayar Zakat Pada Lembaga Amil Zakat Opsezi Kota Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Skrpsi 2022.

Gunara, T., Sudibyo, U. H. (2008). Marketing Muhammad.

Hafidhuddin, D. (2002). Zakat Dalam Perekonomian Modern. Jakarta, Gema Insani.

Hafidhuddin, D. (2008) Panduan Praktis Zakat, Infak, Dan Sedekah “Kerja Sama Dengan Dompet Dhuafa Republika. Depok, Gema Insane. Ibn Katsir, Tafsir Al-Qur‟an Al-„Azhim, Juz 4, Hal.245-252 Jakarta, Salemba Empat.

Halimah, S. H. (2023). Pengaruh Standar Operating Procedure dan Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Karyawan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2), 127-139.

Hariyanto, D., & Ferdian, R. (2023). Analisis Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas Terhadap Harga Saham. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2), 163-175.

Kirani, A. (2023). Pengaruh Pengalaman Kerja, Latar Belakang Pendidikan, Komitmen Organisasi, dan Penilaian Kerja Terhadap Kinerja. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(1), 43-53.

Kotler, P. dan Keller, K. (2017). Marketing Management. New Jersey, Pearson Pretice Hall, Inc.

Kuswati, E. W. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi, Moralitas Individu, Pengendalian Internal dan Whistleblowing System Terhadap Pencegahan Kecurangan Akuntansi. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(1), 66-76.

Lupiyoadi, Rambat & Hamdani A. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2.

Norhikmah, (2022). Pengaruh Promosi dan Kepercayaan terhadap minat donator menunaikan zakat, ionfaq,dan sedekah di BAZNAS Kabupaten Hulu Sungai Utara. Skripsi. UIN Antasari Banjarmasin. 2022.

Norrahman, R. A. (2023). Peran Fintech Dalam Transformasi Sektor Keuangan Syariah. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2), 101-126.

Prasetyo, Y. M. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Kaizen, dan Kesejahteraan Terhadap Kepuasan Kerja. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(1), 77-86.

Putra, R. P., Herianingrum, S. (2014) “Pengaruh Kualitas Pelayanan Islam Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank BRI Surabaya”, JESTT, Vol.1, No.9, September 2014, Hal.624

Rusdianto, P. (2016). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Religiusitas Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Muzakki Pada Lembaga Amil Zakat (Laz) Dompet Dhuafa.UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. 2016.

Satria, N. P. & Ridlwan, A. A. (2019) Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Donatur Membayar Zis Di Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam Volume 2 Nomor 3, Tahun 2019 Halaman 64-71.

Sope, A. S. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2), 87-100.

Subhan, A., Joesah, N., & Kusuma, A. B. (2023). Pengaruh Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2), 152-162.

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, CV. Alfabeta

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian).