Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Kaizen, dan Kesejahteraan Terhadap Kepuasan Kerja

Main Article Content

Yanuar Mulyo Prasetyo

Abstract

Sejak awal pandemi Covid-19 Penjualan menurun di bula­n-bulan awal. Dengan kondisi tersebut pimpinan perusahaan me­ne­rapkan kebijakan pemotongan jam kerja karyawan dari 6 hari kerja per minggu menjadi 3 hari kerja per minggu, hal tersebut juga berdampak pada pemotongan gaji karyawan yang semula dibayarkan sesuai UMK Kota Tegal Tahun 2021 sebesar Rp. 1.982.750 menjadi Rp 800.000. Fenomena tersebut mem­pe­nga­ru­hi tingkat turnover karyawan di Dapoer Tempo Doloe Tegal, turnover karyawan menunjukkan fenomena ketidakpuasan kerja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan pendekatan kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah metode successive interval (MSI), ana­li­sis regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji determinasi. Hasil pe­nelitian menunjukkan gaya kepemimpinan berpengaruh ter­ha­dap kepuasan kerja, budaya Kaizen tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja, kesejahteraan berpengaruh terhadap kepuasan kerja, serta secara simultan gaya kepemimpinan, kesejahteraan berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan Dapoer Tempo Doloe Tegal, sedangkan budaya kaizen tidak berpengaruh ter­ha­da­p kepuasan kerja karyawan Dapoer Tempo Doloe Tegal.

Article Details

How to Cite
Prasetyo, Y. M. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Kaizen, dan Kesejahteraan Terhadap Kepuasan Kerja. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(1), 77–86. https://doi.org/10.62421/jibema.v1i1.8
Section
Articles

References

Amin, M. A. N. (2020). Apakah Stock Split Memberikan Keuntungan Tidak Normal? Permana: Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 12(1), 9–17. https://doi.org/https://doi.org/10.24905/permana.v12i1.90

Amin, M. A. N. (2022). Analisis Potensi Abnormal Return Positif Terbesar Saham PT. Kalbe Farma Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(February 2021), 223–233. https://doi.org/https://doi.org/10.46306/vls.v2i1.93

Amin, M. A. N. (2022). Reaksi Pasar atas Pengumuman Dividen PT . Kalbe Farma saat Pandemi. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(4), 917–921. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i4.1585

Amin, M. A. N. (2022). Analisis Abnormal Return dan Trading Volume Activity Sebelum dan Setelah Pengumuman Dividen PT.Kalbe Farma Saat Pandemi Covid-19. CREATIVE RESEARCH MANAGEMENT JOURNAL, 5(1), 56–63. https://doi.org//doi.org/10.32663/crmj.v5i1.2461

Amin, M. A. N. (2023). Analisis Efektifitas Pendapatan Pajak Hotel Kabupaten Tegal di Masa Pandemi Covid - 19. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 153–162. https://doi.org/10.47709/jebma.v2i3.1996

Amin, M. A. N., & Yunita, E. A. (2022). Analisis Potensi Pajak Hotel dan Pajak Restoran Kabupaten Tegal di Tengah Pandemi. INOVASI : Jurnal Ekonomi , Keuangan Dan Manajemen, 18(2), 232–240. https://doi.org/dx.doi.org/10.29264/jinv.v18i2.10551

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 edisi ke-9. Semarang: Universitas Diponegoro.

Handoko, H. K., & Jennie, L. (2015). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional di Dream of Kahyangan Art Resto. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 3(1), 280-291.

Hasibuan, M. S. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia (14 ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Imai, M. (2008). The Kaizen Power. Yogyakarta: THINk.

Luthans, F. (2011). Organizational Behaviore An Evidence-Based Approach (12 ed.). New York: McGraw-hill/Irwin.

Martoyo, S. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi 4, P). Yogyakarta: BPFE.

Masaki, I. (1998). Gemba kaizen Pendekatan Akal Sehat, Berbiaya Rendah Pada Manajemen. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Masaki, I. (1998). Gemba kaizen Pendekatan Akal Sehat, Berbiaya Rendah Pada Manajemen. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Rivai, V. (2012). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawai Pers.

Sholihah, M. A. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja, Self-Efficacy dan Kesejahteraan Terhadap Kepuasan Kerja Guru di MTs Swasta se-Kecamatan Balong Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (19 ed.). Bandung: CV Alfabeta.

Suyanto, U. Y., Brahmasari, I. A., & Brahmaratih, I. A. (2020). Pengaruh Servant Leadership, Budaya Kerja Kaizen Dan Iklim Organisasi Terhadap Quality Of Work Life, Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan Rumah Sakit “TIPE B” Di Kabupaten Lamongan (Doctoral dissertation, STIE KH Ahmad Dahlan Lamongan).

Tewal, B., Adolfina, Pandowo, M. C. H., & Tawas, H. N. (2017). Perilaku Organisasi. Bandung: CV. Patra Media Grafindo Bandung.

Wellington, P. (1998). Kaizen strategies for customer care (kepedulian padapelanggan). Batam: Interaksara.

Wexley, K. N., Yuki, G. A., & Shobariddin, M. (2005). Perilaku organisasi dan psikologi personalia (Cet. 3.) (3 ed.). Jakarta: Rineka Cipta.