Pengaruh Kualitas Layanan, Bauran Pemasaran, Dan Persepsi Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Layanan, Bauran Pemasaran, dan Persepsi Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna BRImo di Kota Semarang secara simultan dan parsial. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 responden yang menjadi pengguna BRImo di kota semarang. Model analisis data menggunakan Model Analisis Linier Berganda. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Uji F, Uji statistik t, dan Uji Koefisien Determinasi (Adjusted R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan, bauran pemasaran, dan persepsi keamanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pengguna BRImo di Kota Semarang. Secara parsial, kualitas layanan, bauran pemasaran, dan persepsi keamanan masing-masing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pengguna BRImo di Kota Semarang.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Aedi, N. (2010). Bahan Belajar Mandiri Metode Penelitian Pendidikan Pengolahan dan Analisis Data Hasil Penelitian. Universitas Pendidikan Indonesia.
Afghani, M. F., & Yulianti, E. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Persepsi Risiko, Serta Kesadaran Nasabah terhadap Adopsi E-banking di Bank Bri Surabaya. Journal of Business & Banking, 6(1), 113–128. https://doi.org/10.14414/jbb.v6i1.898
Aprileny, I., Rizki, D. K., & Emarawati, J. A. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal STEI Ekonomi, 31(1), 37–51. https://doi.org/10.36406/jemi.v31i01.544
Baranidharan, & Suganya. (2023). Satisfaction of Customers with Digital Marketing Services. Recent Research Reviews Journal, 2(2), 382–397. https://doi.org/10.36548/rrrj.2023.2.009
Bucy, T. I., Mulcahy, J. F., Shippee, T. P., Fashaw-Walters, S., Dahal, R., Duan, Y., & Jutkowitz, E. (2023). Examining Satisfaction and Quality in Home- and Community-Based Service Programs in the United States: A Scoping Review. The Gerontologist, 63(9), 1437–1455. https://doi.org/10.1093/geront/gnad003
Chauhan, S., Akhtar, A., & Gupta, A. (2022). Customer Experience in Digital Banking: A Review and Future Research Directions. International Journal of Quality and Service Sciences, 14(2), 311–348. https://doi.org/10.1108/IJQSS-02-2021-0027
Darmawan, D., & Grenier, E. (2021). Competitive Advantage and Service Marketing Mix. Journal of Social Science Studies (JOS3), 1(2), 75–80. https://doi.org/10.56348/jos3.v1i2.9
Deliyana, R., Permatasari, B., & Sukmasar, D. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, dan Persepsi Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Menggunakan Mobile Banking BCA. Journals of Economics and Business, 2(2), 1–16. https://doi.org/10.33365/jeb.v2i2.112
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa: Strategi, Mengukur Kepuasan, dan Loyalitas Pelanggan. Deepublish.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hallencreutz, J., & Parmler, J. (2021). Important Drivers for Customer Satisfaction – From Product Focus to Image and Service Quality. Total Quality Management & Business Excellence, 32(5–6), 501–510. https://doi.org/10.1080/14783363.2019.1594756
Hasyim, Zuhra, I., Septi, A. J., & Amal, R. D. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Bri Mobile terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pengguna BRI Mobile di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan). Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 8(4), 764–778. https://doi.org/10.30651/jms.v8i4.20789
Hendrawan, N., & Mas’ud, F. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan terhadap Keputusan Penggunaan Brimo pada Nasabah Bank BRI Cabang Kab. Tanggerang yang Dimediasi Oleh Kepuasan Nasabah. Jurnal MD: Jurnal Manajemen Dakwah, 9(1), 1–28.
Heriyanto, A. Y. B., Ranti, M., Rojikun, A., & Hernaningsih, F. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Kualitas Pelayanan Customer Service dan Citra Merek terhadap Kepuasan Nasabah pada Pengguna Aplikasi BRImo. Jurnal Ekonomika, 14(2), 258–277.
Hijriah, M., Nurnajamuddin, M., & Serang, S. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Pelanggan Trans Studio Makassar. Tata Kelola, 7(1), 78–87. https://doi.org/10.52103/tatakelola.v7i1.110
Kartika, A. (2018). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Keamanan terhadap Minat Penggunaan E-Money (Studi pada Pengguna Go-Pay di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 6(2), 1–13.
Kasengkang, D., Moniharapon, S., & Mandagie, Y. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan BRI Mobile (Brimo) terhadap Kepuasan Nasabah BRI Unit Tumpaan. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(1), 1075–1084. https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.46860
Kasinem, K. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329–339. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5096
Kholifah, A. P., Hidayat, N., & Athia, I. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kualitas Pelayanan, Persepsi Keamanan terhadap Keputusan Penggunaan Brimo pada Nasabah Bank BRI Kota Malang Aviv. e – Jurnal Riset Manajemen, 12(2), 241–252.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Lemeshow, S., Hosmer, D. W., Klar, J., & Lwanga, S. K. (1997). Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan. Gadjah Mada University Press.
Lubis, D. yanti, & Lukman, S. (2023). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan dan Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Mobile Banking. Jeksya Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 2(2), 443–456.
Mulfachriza, Bachri, N., & Biby, S. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Layanan terhadao Keputusan Konsumen Memiliki Kartu Kredit Bank BRI dengan Gaya Hidup sebagai Variabel Moderating. Jurnal Manajemen Indonesia, 6(1), 70–79. http://ojs.unimal.ac.id/index.php/jmind
Munarsih, & Pratama, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Indomarco Prismatama Cabang Kemiri Raya Kota Tangerang Selatan. Indonesian Journal of Economy Business, Entrepreneuship and Finance, 2(1), 49–64. https://doi.org/10.53067/ijebef
Ningtias, K. N. C., & Soemarso, E. D. (2019). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Pengambilan Keputusan Menabung Britama pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Pembantu Puri Anjasmoro Semarang. Keunis: Makalah Ilmiah, 7(1), 20–33.
Noorhan, E. W., Mohamed, M., Yusliza, M. Y., Saputra, J., Muhammad, Z., & Bon, A. T. (2021, Maret 7). Review of Consumer Behaviour, Marketing Mix and Demography Analysis Literature: A Mini-Review Approach. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management. https://doi.org/10.46254/AN11.20210955
Nurbani, A., Mulyanto, H., Wardani, M. K., & Andriyani, M. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Serta Dampaknya pada Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(2), 109–120. https://doi.org/10.33370/jmk.v16i2.346
OJK. (2018). Apakah yang dimaksud dengan Internet Banking dan Mobile Banking. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/images/FileDownload/417_Perbankan-4a mudah dan aman dengan internet banking dan mobile banking_2018_small.pdf
Pranoto, M. O., & Setianegara, R. G. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Keamanan terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Semarang Pandanaran). Keunis Majalah Ilmiah, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.32497/keunis.v8i1.2117
Pratiwi, E. C., Abdillah, A., & Suwand, P. A. (2020). Analisis Efek Halo, Pengalaman Konsumen, Persepsi Keamanan, Kenyamanan dan Interaksi Karyawan terhadap Kepuasan Pengguna Gojek di Sidoarjo. Emas, 3(1), 82–105.
Purbohastuti, A. W. (2021). Efektivitas Bauran Pemasaran pada Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret. Jurnal Sains Manajemen, 7(1), 1–17. https://doi.org/10.30656/sm.v7i1.2707
Singh, M. (2012). Marketing Mix of 4P’S for Competitive Advantage. IOSR Journal of Business and Management, 3(6), 40–45. https://doi.org/10.9790/487x-0364045
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Pendidikan. Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Giant Dept Store Cabang BSD Tangerang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 21(1), 7–13. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v21i1.473
Tampubolon. (2004). Manajemen Operasional. Ghalia Indonesia.
Tjiptono, F. (2017). Service Management : Mewujudkan Layanan Prima. Penerbit Andi.
Tjiptono, F., Chandra, G., & Adriana, D. (2012). Strategic Marketing. Andi.
Tuan, V. A., Van Truong, N., Tetsuo, S., & An, N. N. (2022). Public Transport Service Quality: Policy Prioritization Strategy in the Importance-Performance Analysis and the Three-Factor Theory Frameworks. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 166, 118–134. https://doi.org/10.1016/j.tra.2022.10.006
Wandi, J., Bachri, S., & Parubak, B. (2020). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Keuntungan, Persepsi Keamanan terhadap Minat Nasabah BNI Menggunakan Mobile Banking. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 6(1), 88–96. https://doi.org/10.22487/jimut.v6i1.175
Yasmin, S., Saroh, S., & Zunaida, D. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan, Studi pada D’Goendoe Cafe Kota Batu. JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 10(2), 136–141. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jiagabi/article/view/12910