Analisis Strategi Digital Marketing Shopee Video Dalam Perspektif Hukum Bisnis

Main Article Content

Vivi Sylvia Purborini
Ida Bagus Suryanatha

Abstract

Artikel ini membahas secara komprehensif tentang shopee video. Globalisasi juga telah menyebabkan penyimpangan dari teknik dan taktik industri konvensional. Semakin berkembangnya internet, aktivitas manusia menjadi semakin mudah. ​​Salah satu kemudahan yang dirasakan banyak orang saat ini adalah berbelanja. Orang dapat berbelanja secara online kapan saja dan di mana saja. Semakin maraknya aktivitas jual beli online, maka semakin banyak pula persaingan di internet untuk berjualan secara online. Pada artikel ini metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif adalah sebuah metode akurat yang mengandung gambaran secara sistematis dan aktual terhadap fakta. Peneliti menggambarkan suatu kejadian atau fenomena yang terjadi pada masyarakat terkait dengan strategi marketing shopee dan menganalisis fenomena tersebut ditinjau dari hukum bisnis. Dalam pendekatan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Shopee Video, sebagai alat dalam strategi digital marketing, menghadapi berbagai tantangan dan peluang yang terkait dengan hukum. Mengingat pentingnya perlindungan hak kekayaan intelektual (HKI), perlindungan data pribadi, dan kepatuhan terhadap regulasi periklanan, Secara keseluruhan, Shopee Video harus dikelola dengan hati-hati untuk memastikan kepatuhan terhadap berbagai regulasi hukum yang relevan.

Article Details

How to Cite
Purborini, V. S., & Suryanatha, I. B. . (2024). Analisis Strategi Digital Marketing Shopee Video Dalam Perspektif Hukum Bisnis. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(2), 153–162. https://doi.org/10.62421/jibema.v2i2.92
Section
Articles

References

Ani, N. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Tiktok Shop Indonesia. BISMA : Business and Management Journal, 1(04), 37–44. https://doi.org/10.59966/bisma.v1i04.398

Bullock, L. (2016). Video Marketing Trends for 2017 (and What They Mean for You). http://www.socialmediatoday.com/marketing/7-videomarketing-trends-2017-and-what-they-mean-you

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analysis Multivariate dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro.

Kannan, P. K. (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006

Kok, W., Ariesa, Y., Pratama, V., Kosasih, S., & Fernand Alianza, V. (2021). The Role of Brand Ambassador, Event Marketing and Digital Marketing on Purchase Decisions User Shopee. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 4808–4814. https://doi.org/https://doi.org/10.33258/birci.v4i3.2263

Mumtahana, H. A., Nita, S., & Tito, A. W. (2017). Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran. Khazanah Informatika : Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(1), 6–15. https://doi.org/10.23917/khif.v3i1.3309

Napawut, W., Siripipatthanakul, S., Phayaphrom, B., Siripipattanakul, S., & Limna, P. (2022). The Mediating Effect of E-WOM on the Relationship Between Digital Marketing Activities and Intention to Buy Via Shopee. Native Speaker (NP) Program, Ammartpanichanukul School, 2(2), 2785–9363. https://ssrn.com/abstract=4047441

Sefudin, A. (2014). Redefinisi Bauran Pemasaran (Marketing Mix)“4P”Ke“4C.” Journal of Applied Business and Economics, 1(1), 17–23. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v1i1.1360

Suangi, T. W., Wonggo, D., & Heydemans, C. D. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Fajar Moyongkota. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(2), 191–204. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.6906

Wahyuni, S., Sari, D. J., Hernawaty, H., & Afifah, N. (2023). Ternakloka : a Web-Based Marketplace for Qurban and Aqiqah. JURTEKSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 9(2), 249–254. https://doi.org/10.33330/jurteksi.v9i2.1662